Langsung ke konten utama

Koneksi Antar Materi 3.1

 

Pengalaman mengikuti program guru penggerak merupakan pengalaman yang berharga yang harus saya syukuri karena saya mendapat program yang sangat lengkap yang akan menguatkan fungsi dan peran saya di pembelajaran secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan layanan dan profesionalisme saya sebagai guru. Diawal modul saya mempelajari target yang ingin dicapai mencetak pelajar Pancasila yang berkembang sesuai kodrat alam dan kodrat jaman. Ditahap berikutnya saya mempelajari nilai dan peran guru penggerak yakni memimpin pembelajaran, mengembangkan diri dan orang lain, memimpin manajemen sekolah, memimpin pengembangan sekolah.

Keterampilan berpikir tenang dan lambat saya pelajari di modul 1 yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari, sebagai pribadi di masyarakat dan sebagai guru. Keterampilan ini harus berlatih dan diaplikasikan untuk mendapat hasil terbaik. Di sisi lain guru sebagai pemimpin memerlukan keterampilan pengambilan keputusan yang akan sangat berdampak kepada seluruh komponen yang ada dalam sistem. Pada modul 3.1 pengambilan keputusan saya mempelajari proses pengambilan keputusan 4 Paradigma Pengambilan Keputusan, 3 Prinsip dalam menyelesaikan dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan agar keputusan yang diambil tepat dan berpihak kepada murid.

Dalam pembelajaran ini saya bersama fasilitator dan rekan CGP mendiskusikan kasus berbagai kasus yang sangat relevan terkait bujukan moral dan dilema etika, hal ini mengubah  saya berpikir bahwa hanya dua pilihan benar dan salah, setelah mempelajari modul 3.1 saya memandang permasalahan lebih luas dan merasa membutuhkan pemikiran yang panjang untuk mendapatkan keputusan yang terbaik melalui  9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan agar keputusan yang diambil tepat.

Hal menarik lain yang saya peroleh pengambilan keputusan merupakan komponen yang utama dan akan sangat menentukan seluruh arah target pelajar Pancasila, visi misi sekolah, pelaksanaan budaya positif, pelaksanaan Pendidikan diferensiasi sesuai pemetaan murid dan permasalahan yang lain. Di lain keterampilan pengambilan keputusan dengan materi yang lain akan melahirkan keputusan yang sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantaran sehingga proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak seutuhnya bukan hanya disisi kognitif yang ditargetkan namun juga seutuhnya dari sisi emosional.

Pembekalan  pemahaman proses pengambilan keputusan 4 Paradigma Pengambilan Keputusan, 3 Prinsip dalam menyelesaikan dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan agar keputusan yang diambil tepat dan berpihak kepada murid sangat penting untuk menopang peran guru sebagai pemimpin pembelajaran.




                                        Gambar Diskusi bersama Fasilitator dan rekan CGP Kelas A


Komentar